Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar dan Fungsinya

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Bagi kamu yang telah bekerja di beberapa tempat, pasti sudah tidak asing dengan surat pengalaman kerja dan di bawah ini ada contoh surat pengalaman kerja yang baik dan benar.

Khususnya bagi yang ingin resign dari tempat kerja yang sekarang dan akan mencari pekerjaan yang lain. Kamu bisa membuat surat pengalaman kerja dengan baik dan benar supaya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat membuat surat pengalaman kerja supaya tidak asal-asalan. Terlebih lagi kamu belum pernah membuat surat pengalaman kerja sebelumnya sehingga harus tahu contoh cara pembuatannya. Nah, di bawah ini adalah penjelasan contoh cara membuat surat pengalaman kerja beserta fungsinya yang perlu diketahui.

Contoh Surat Pengalaman Kerja Simple

Contoh cara membuat surat pengalaman kerja yang baik dan benar adalah:

Bagian Kop Surat

Surat pengalaman kerja terdiri dari beberapa bagian dan bagian yang pertama adalah kop surat. Umumnya kop surat adalah bagian yang menjelaskan mengenai identitas perusahaan maupun lembaga yang menerbitkan surat pengalaman kerja. Bagian kop surat dalam surat pengalaman kerja adalah bagian yang sangat penting atau krusial.

Kop surat pengalaman kerja berisi informasi mengenai seperti, nama perusahaan, alamat kantor, nomor telepon perusahaan dan alamat email perusahaan. Pastikan kamu yang membuat surat pengalaman kerja harus menulis semua informasi mengenai identitas perusahaan yang baik dan benar. Kesalahan menulis identitas perusahaan di kop surat adalah kesalahan yang cukup fatal.

Artikel Populer  Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV Cleaning Service

Nama dan Nomor Induk Karyawan

Contoh surat pengalaman kerja bagian kedua adalah nama dan nomor induk karyawan yang bersangkutan. Membuat surat pengalaman kerja harus mencantumkan nama karyawan yang bersangkutan dan juga nomor induk karyawan. Umumnya setiap karyawan memiliki nomor induk karyawan masing-masing dan sebagai identitas resmi.

Nomor induk karyawan akan diberikan pada saat karyawan tersebut resmi diterima di sebuah perusahaan. Pastikan kamu mengisi informasi mengenai nama karyawan secara lengkap dan juga nomor induk karyawan. Jangan sampai penulisan nama dan nomor induk karyawan salah karena menyangkut identitas resmi karyawan tersebut.

Periode Kerja dan Jabatan Karyawan

Hal penting lainya yang harus ditulis di dalam surat pengalaman kerja adalah mengenai periode kerja tahu lamanya bekerja di sebuah perusahaan. Setiap karyawan pasti memiliki periode kerja yang berbeda-beda dan harus dicantumkan di dalam surat pengalaman kerja. Selain itu, kamu juga perlu mencantumkan jabatannya selama bekerja di sebuah perusahaan.

Informasi mengenai jabatan karyawan sangat penting sebagai informasi tambahan di surat pengalaman kerja. Terlebih lagi surat pengalaman kerja ini bisa digunakan untuk melamar kerja sehingga perusahaan yang kamu lamar tahu jabatan yang pernah dimiliki di perusahaan sebelumnya. Jangan menulis informasi jabatan di sebuah perusahaan yang tidak sesuai dengan data.

Deskripsi Mengenai Karyawan

Contoh surat pengalaman kerja yang baik, pembuat suratnya juga perlu menulis deskripsi secara singkat mengenai kinerja dari karyawan yang bersangkutan. Informasi atau deskripsi ini dipakai untuk verifikasi bahwa karyawan yang bersangkutan memiliki keterampilan maupun pengalaman secara khusus sesuai yang ditulis di surat lamaran kerja.

Penulisan deskripsi mengenai karyawan bisa digunakan oleh karyawan yang bersangkutan untuk mencari  pekerjaan baru. Biasanya penulisan deskripsi mengenai karyawan akan sesuai dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki oleh karyawan dan akan dilihat sesuai dengan kinerjanya selama bekerja di perusahaan tersebut seperti apa.

Artikel Populer  3 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit Terbaru

Di deskripsi mengenai karyawan juga akan ditulis informasi mengenai alasan karyawan bersangkutan meninggalkan perusahaan atas keputusan sendiri. Kamu juga bisa menambahkan kalimat sebagai pemberi kerja memberikan harapan terbaik untuk karyawan ke depannya.

Apabila alasannya di PHK, umumnya perusahaan akan menjelaskan secara lengkap mengenai latar belakangnya. Contohnya adalah karena ada masalah keuangan atau lainnya dan bukan karena kinerja dari karyawan yang bersangkutan. Informasi ini penting sekali supaya karyawan yang meninggalkan perusahaan sebelumnya memiliki reputasi yang baik.

Pengesahan

Contoh surat pengalaman kerja yang terakhir adalah supaya surat pengalaman kerja dijamin keabsahannya, maka pembuat suratnya harus memberikan tanda tangan dari beberapa pihak yang berwewenang di perusahaan. Contohnya adalah HRD hingga pemimpin perusahaan dan pada bagian ini juga perlu dilengkapi dengan cap resmi untuk bukti persetujuan dari atas nama perusahaan.

Seperti yang kita ketahui, surat pengalaman kerja dibuat oleh perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja. Biasanya pembuatan surat pengalaman kerja menggunakan bahasa formal dan juga mudah dipahami. Hindari memakai pemilihan kata yang kurang menarik dan terlalu bertele-tele.

Seperti itulah contoh membuat surat pengalaman kerja dengan baik supaya dimanfaatkan dengan baik oleh karyawan yang bersangkutan ke depannya.

Fungsi-fungsi Surat Pengalaman Kerja

Beberapa fungsi pembuatan surat pengalaman kerja yang perlu kamu ketahui adalah:

Lamar Pekerjaan di Perusahaan Lain

Salah satu fungsi surat pengalaman kerja adalah untuk melamar pekerjaan baru di perusahaan lain. Surat pengalaman kerja dibutuhkan oleh semua karyawan yang keluar dari sebuah perusahaan. Surat ini bisa digunakan untuk mencari pekerjaan baru, apalagi pekerjaan yang membutuhkan pengalaman kerja.

Itulah sebabnya, pihak perusahaan akan memberikan surat pengalaman kerja kepada karyawan, baik keluar dengan alasan atas keputusan sendiri maupun PHK karena masalah keuangan dan lainnya di perusahaan. Nantinya, surat pengalaman kerja akan dilihat oleh perusahaan baru yang sedang mencari karyawan baru supaya bisa melihat pengalaman kerja yang dimiliki oleh calon karyawan mereka.

Artikel Populer  Contoh Surat Lamaran Kerja Satpam

Mengurus BPJS Ketenagakerjaan

Surat pengalaman kerja juga digunakan untuk mengurus BPJS Ketenagakerjaan. Bagi kamu yang pernah bekerja di sebuah perusahaan biasanya akan mendapatkan Jaminan Hari Tua dan dapat dicairkan. Jaminan Hari Tua atau JHT dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan harus diurus sendiri oleh karyawan yang bersangkutan dan cari tahu juga informasi contoh surat pengalaman kerja agar bisa dimanfaatkan.

Salah satu syarat mencairkan saldo Jaminan Hari Tua adalah surat pengalaman kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Itulah sebabnya, sangat penting bagi kamu yang sudah resign untuk meminta surat pengalaman kerja kepada perusahaan. Dana Jaminan Hari Tua bisa kamu manfaatkan dengan baik dan jaminan ini adalah hak dari seorang karyawan.

Daftar Program Beasiswa

Fungsi pembuatan surat pengalaman kerja yang terakhir adalah bisa digunakan untuk daftar program beasiswa. Biasanya ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan beasiswa dan salah satunya adalah pelamar wajib memiliki pengalaman kerja. Itulah sebabnya kamu harus mencari pekerjaan terlebih dahulu dan mendapatkan surat pengalaman kerja.

Apalagi ada banyak kesempatan mendapatkan program beasiswa yang bisa menunjang masa depan kamu jauh lebih baik. Segera urus surat pengalaman kerja dan digunakan dengan baik untuk mendapatkan beasiswa yang sudah kamu tunggu-tunggu.

Nah, itulah semua fungsi dan contoh surat pengalaman kerja yang baik dan benar sehingga Anda bisa menggunakannya dengan baik.