Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Menarik

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Lulusan SMK

Lulusan SMK biasanya sudah mempunyai bekal ilmu dan juga keterampilan yang cukup dan bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan lihat contoh daftar riwayat hidup tulis tangan. Saat melamar pekerjaan, membuat daftar riwayat hidup adalah hal yang penting. Penulisan daftar riwayat hidup atau CV juga tidak boleh sembarangan supaya dilirik oleh perusahaan.

Kamu bisa menulis daftar riwayat hidup tulis tangan supaya lebih menarik dan bisa menunjukkan karakter kamu melalui tulisan tangan tersebut. Pada saat menulis daftar riwayat hidup tulis tangan, harus memperhatikan beberapa hal dan salah satunya adalah isinya. Di bawah ini adalah contoh isi daftar riwayat hidup tulis tangan dan triknya agar lebih menarik hasilnya.

Contoh Isi Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Contoh isi daftar riwayat hidup tulis tangan yang tepat adalah:

Biodata Diri

Bagian daftar riwayat hidup pertama yang harus ditulis adalah mengenai biodata diri. Usahakan kamu menulis biodata diri secara singkat dan tulislah informasi data yang umum dan tidak bersifat privasi, seperti golongan darah, jumlah anggota keluarga, zodiak dan sebagainya. Lampirkan juga foto diri dengan tampilan yang rapi, bersih, formal atau semi formal agar memberikan kesan profesional di CV kamu.

Kamu juga harus mencantumkan nomor telepon dan alamat email aktif supaya pihak perusahaan bisa menghubungi dengan mudah. Tulislah nama panjang dengan lengkap dan jangan sampai ada kesalahan penulisan di biodata diri. Apabila di tahap seleksi administrasi diterima, nantinya kamu akan dihubungi melalui telepon, SMS atau email.

Deskripsi

Cara mengisi daftar riwayat hidup bagian kedua adalah deskripsi diri. Deskripsikan diri kamu dengan baik karena hal ini sangat penting di dalam pembuatan daftar riwayat hidup. Cara penulisan deskripsi diri biasanya berisi mengenai cerita secara singkat dan bukti yang bisa memberikan kesan positif ke perusahaan.

Artikel Populer  Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Pastikan juga kamu menuliskan peranan yang bisa diberikan ke perusahaan dan tujuan karier yang memiliki hubungan dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan atau kamu lamar. Hal ini akan membuat kamu menjadi salah satu kandidat yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Riwayat Pendidikan

Bagian ketiga adalah riwayat pendidikan dan biasanya bagian ini sangat penting sekali. Kamu harus memberikan data riwayat pendidikan yang sudah ditempuh sampai akhir. Contohnya adalah kamu lulusan SMK sehingga harus menulis riwayat pendidikan dari SD sampai SMK.

Penulisan riwayat pendidikan harus urut dan bagi kamu lulusan SMK bisa memberikan tambahan informasi jurusan yang diambil. SMK adalah sekolah kejuruan yang berbeda dengan SMA dan biasanya ada keahlian khusus yang kamu pelajari atau biasanya disebut dengan jurusan, seperti tata boga, kecantikan, perhotelan, otomotif dan yang lainnya.

Pengalaman Kerja atau Organisasi

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan bagian keempat adalah menuliskan pengalaman kerja atau organisasi yang pernah diikuti. Saat di sekolah pasti ada kegiatan organisasi yang bisa diikuti dan ini salah satu hal penting dalam mencari pekerjaan. Bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja juga harus ditulis nama perusahaan, posisinya, lamanya bekerja.

Kemampuan atau Skill

Bagian terakhir yang harus Anda tulis di daftar riwayat hidup adalah kemampuan atau keahlian yang dimiliki. Sebagai lulusan SMK, biasanya kemampuan atau skillnya dibagi jadi 3, yaitu hard skill, soft skill dan bahasa. Kemampuan yang dimiliki adalah hal yang penting saat mencari pekerjaan dan harus kamu cantumkan di dalam daftar riwayat hidup.

Tuliskan semua kemampuan atau skill yang kamu miliki, seperti Microsoft Excel, membaca laporan finansial, JavaScript, TOEFL dan yang lainnya. Usahakan kamu menulis kemampuan yang benar-benar dikuasai dengan baik dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar di perusahaan supaya diterima.

Seperti itulah beberapa contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang perlu diperhatikan dalam hal penulisannya agar lebih menarik.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan agar lebih menarik adalah:

Artikel Populer  Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Terbaru

Menonjolkan Sisi Unikmu

Salah satu trik membuat daftar riwayat hidup tulis tangan yang menarik adalah menonjolkan sisi uniknya di CV. Setiap orang pasti memiliki sisi yang unik dan kamu bisa mencari tahu keunikan yang dimiliki supaya bisa dijadikan sebagai daya saing saat proses mencari pekerjaan. Bagi kamu yang lulusan SMK, biasanya akan bersaing dengan pelamar lain yang berbeda atau sama.

Kamu bisa menulis keahlian yang dimiliki sesuai dengan jurusan di SMK, keahlian di luar sekolah dan lingkup keluarga yang masih berhubungan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Namun, saat memberikan informasi mengenai keahlian yang dimiliki sebaiknya menghindari kata “pekerja keras” supaya terlihat menarik.

Tulisan Harus Rapi

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik adalah ditulis dengan tulisan yang rapi. Bagi kamu yang berasa tulisan tangannya tidak bagus tidak perlu cemas karena yang penting rapi. Penulisan daftar riwayat hidup atau surat lamaran kerja harus rapi supaya kamu terlihat profesional dan bisa dilihat kepribadiannya melalui tulisan.

Terkadang ada beberapa perusahaan yang mengharuskan kandidatnya menulis surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan tulis tangan. Salah satu tujuannya adalah untuk melihat bagaimana karakter dan kepribadianmu dari tulisan. Oleh sebab itu, usahakan kamu membuat tulisan yang serapi mungkin supaya terlihat menarik.

Hindari Kesalahan Penulisan

Hindarilah melakukan kesalahan penulisan supaya kamu terlihat teliti dan profesional. Apalagi tulis tangan pastinya sering melakukan kesalahan penulisan dan tidak bisa dihapus. Apabila kamu melakukan kesalahan penulisan sebaiknya jangan dihapus dengan tipe-x atau sejenisnya dan kemudian menulis kata yang benar di atasnya.

Hal ini akan membuat daftar riwayat hidup yang Anda tulis terlihat tidak rapi. Pastikan kamu menulis kerangka daftar riwayat hidup terlebih dahulu atau latihan supaya tidak terjadi kesalahan penulisan. Setelah tulisan daftar riwayat hidupmu selesai dibuat, bacalah kembali agar memastikan tidak typo atau kalimat yang rancu.

Kertas Harus Bersih dan Rapi

Pastikan kertas untuk menulis daftar riwayat hidup bersih dan rapi yang ditandai tidak ada coretan atau kertas yang melipat. Biasanya ada persyaratan jenis kertas yang harus digunakan untuk membuat surat lamaran kerja atau daftar riwayat hidup seperti kertas HVS atau folio. Usahakan kamu membuat daftar riwayat hidup sesuai dengan syarat penulisan.

Artikel Populer  Soal Psikotes Kerja dan Jawabannya Terlengkap

Setelah selesai menulis tangan daftar riwayat hidup, cek kembali dokumen pendukung atau persyaratan yang dibutuhkan. Jangan sampai ada syarat dokumen yang tidak terbawa ke dalam map yang mengakibatkan kamu tidak lolos di seleksi administrasi. Biasanya di surat lamaran ditulis syarat dokumen pendukung yang kamu sertakan sesuai dengan syarat atau kebutuhan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Nama Alamat No. Telepon Email
Andi Sutanto Jl. Merdeka No. 123 081234567890 [email protected]
Bambang Wijaya Jl. Raya Mawar No. 456 087654321098 [email protected]
Daftar Riwayat Hidup
Foto: Pinterest

Berikut adalah contoh daftar riwayat hidup yang sudah diisi dan bisa Anda gunakan sebagai panduan:

Andi Sutanto

Jl. Merdeka No. 123 | 081234567890 | [email protected]

Ringkasan Profil

Seorang profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pemasaran. Keahlian utama meliputi strategi pemasaran digital dan pengembangan merek. Berpengalaman dalam mengelola kampanye pemasaran yang sukses dan meningkatkan kesadaran merek.

Pendidikan

– S1 Manajemen Pemasaran, Universitas ABC, 2012

– SMA Negeri 1 Surabaya, 2008

Pengalaman Kerja

– Digital Marketing Manager, PT XYZ, 2018-sekarang
Bertanggung jawab mengembangkan strategi pemasaran digital, mengelola kampanye online, dan menganalisis data untuk meningkatkan kinerja pemasaran.

– Marketing Specialist, PT ABC, 2014-2018
Merancang dan melaksanakan strategi pemasaran, mengkoordinasi kegiatan promosi, dan mengawasi penjualan.

Keterampilan

– Strategi Pemasaran Digital

– Pengembangan Merek

– Analisis Data

Pelatihan dan Sertifikasi

– Sertifikasi Google Ads

– Pelatihan Manajemen Proyek

Referensi

Tersedia saat diminta.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan
Foto: Pinterest

Kesimpulan

Nah, itulah contoh daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Dengan menyusun daftar riwayat hidup yang baik, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Selalu perbarui CV Anda secara teratur sesuai dengan pengalaman dan keterampilan terbaru yang Anda miliki. Semoga sukses dalam pencarian pekerjaan!